Kenalin Jenis-jenis Musik Asia!

Posted Mar 11, 2013

RELATED ARTICLES

Siapa sih hari gini yang gak doyan musik? Kalau kata tante Inul Daratista sih, dangdut tanpa goyang bagai makan nasi tanpa garam. Sama aja kayak Gue, sehari tanpa dengerin musik bagai makan nasi tanpa garam. Hambar, Bro!

Musik-musik dunia juga beragam, Bro. Mulai dari rock, pop, metal, jazz, dangdut, hiphop, blues dan lain-lain. Tapi Loe tau gak Bro kalau jenis musik juga berhubungan sama daerah asal musik itu tercipta.

Karakteristik musik-musik dunia berbeda sesuai dengan budaya daerah penciptanya. Buat contohnya nih, musik barat identik dengan permulaan aktivitas individual, sementara musik Asia lebih cenderung para pemainnya memainkan alat musik bersama-sama.

Di Asia sendiri ada empat jenis musik yang jadi ciri khas musik Asia:

1. Musik Melayu
Ciri utama musik Melayu adalah penggunaan alat musik gendang tradisional yang menghasilkan sentuhan dendang dan joget. Serta cengkok si penyanyi yang berkarakter pada musik Melayu. Musik Melayu berasal dari negara-negara dalam rumpun Melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

2. Musik Oriental
Musik Oriental berasal dari negara-negara Oriental seperti Cina, Jepang, Hongkong dan Korea. Ciri utama musik Oriental adalah penggunaan alat musik string yang dimainkan dengan cara dipetik dan digesekkan.

3. Musik Hindustan
Musik Hindustan berasal dari daerah Pakistan dan India. Ciri utama dari musik Hindustan adalah penggunaan alat musik Tabla dari India yang berupa sepasang gendang berbentuk kendi yang dimainkan dengan sentuhan jari atau telapak tangan.

4. Musik Timur Tengah
Musik Timur Tengah dimainkan dengan iringan seperangkat Rebana. Contoh dari musik Timur Tengah adalah Qasidah. Musik Timur Tengah menggunakan tangga nada yang memiliki skala nada diatonic dan kandungan nada-nada mikrotonik.

Sumber: shvoong